You are currently browsing the archives for the Sistem Operasi category.

Grid Computing

on May18 2010

Perkembangan Teknologi informasi yang begitu cepat membutuhkan kolaborasi komputer dan interaksi multi disiplin. Sebagai contoh, email dan web menyediakan mekanisme bagi pengguna untuk berinteraksi dengan rekan kerja atau teman dibelahan dunia lain. Untuk mendukung itu semua maka ditambahkannya fitur yang dapat menghubungkan data, komputer, peralatan, dan sumber daya lainnya yang dimiliki ke dalam suatu laboratorium virtual yang dapat dikontrol, yang disebut dengan teknologi Grid. Istilah grid muncul pada pertengahan tahun 1990 untuk menggambarkan sebuah infrastruktur komputasi terdistribusi untuk teknik dan sains tingkat lanjut, teknologi ini kemudian lebih dikenal sebagai Grid Computing. Pada dasarnya diharapkan bahwa sumberdaya komputasi dapat diraih dengan cara yang sama (analog) dengan cara mendapatkan sumberdaya listrik (grid). Saat ini para pengguna tidak mengetahui bagaimana cara listrik sampai kerumah dan menghidupkan kulkas. Namun dengan Grid Computing pengguna dapat memanfaatkan sumber daya komputasi yang tidak diketahui dari mana asalnya.

(more…)

DeadLock

on Apr14 2010

Aplikasi yang telah diinstall kadang terlalu banyak sehingga mengakibatkan saat program tersebut dijalankan bersamaan dengan program lain akan mengakibatkan PDA atau Smartphone mengalami deadlock, hal lain yang mengakibatkan deadlock pada PDA atau SmartPhone yaitu terlalu lamanya gadget tersebut dihidupkan tanpa dimatikan walau saat charging. Selain itu deadlock yang sering terjadi tanpa sebab aplikasi adalah dikarenakan OS yang didalamnya memiliki ‘bug’ sehingga tidak menjalankan aplikasi apapun PDA atau Smart Phone ini akan mengalami deadlock.

(more…)

Media dan Sistem Penyimpanan data digital

on Mar31 2010

Media penyimpanan beberapa tahun belakangan ini disuguhkan dengan berbagai teknologi baru, salah satunya yaitu SSD atau biasa disebut flashdisk, HHDD yang merupakan teknologi terbaru penyimpanan data, pada HHDD memiliki sebuah VRAM berukuran 128 Mb yang telah tertanam, sehingga membuat proses pengaksesan jauh lebih cepat dari harddisk biasa. Disisi lain dikenalnya DVD blue Ray yang memiliki kapasitas jauh lebih besar daripada DVD biasa.

(more…)

Perburuan Komputer

on Mar23 2010

Setiap komputer yang akan dibeli memiliki spesifikasi dimana spesifikasi tersebut menentukan kemampuan dari komputer itu sendiri. Oleh karena itu langkah pertama yang perlu dilakukan jika ingin membeli seperangkat komputer adalah mencermati untuk kebutuhan apa komputer itu dan kemungkinan naiknya kebutuhan minimal untuk 5 tahun kedepan. Dengan memikirkan berbagai kemungkinan seperti adanya sistem operasi baru yang membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih bagus, oleh karena itu dari kebutuhan dasar yang diperlukan perlu dinaikkan satu tingkat agar komputer yang dibeli dapat tidak ketinggalan jaman dalam kurun waktu beberapa tahun.

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah ketahanan dari komputer tersebut. Tentu pembeli tidak ingin komputer yang telah dibeli hanya dalam kurun waktu 1-3 tahun sudah mengalami kerusakan. Untuk itu harus dipilih hardware yang memiliki merk cukup terkenal dengan mempertimbangkan ‘review’ yang beredar di dunia maya.
Terdapat 2 Merk yang terkenal untuk prosesor yaitu Intel dan AMD. Intel memiliki kelebihan pada kestabilannya dalam pemrosesan. Sedangkan AMD memiliki kelebihan pada kecepatannya yang jauh lebih cepat dan relatif lebih murah. Sedangkan untuk Grafisnya terdapat 4 tingkatan atau 4 kelas. Tingkat pertama atau tingkat yang paling bagus dengan kelebihan mampu menjalankan secara lancar semua multimedia yang beredar dipasaran saat ini, salah satu contohnya adalah nVidia GeForce 9800 GTS, ATI Radeon HD 3870 dan VGA yang ada diatasnya. Kelas 2 yang mampu menjalankan semua aktifitas multimedia namun resolusinya harus diturunkan, contohnya adalah GeForce 8600 GT. Kelas 3 merupakan komponen Onboard yang memiliki kemampuan yang cukup lancar namun jangan terlalu banyak berharap. Salah satunya adalah Intel GMA 4500MHD. Yang terakhir yaitu kelas 4 merupakan level yang mewakili versi yang lebih lama yaitu Onboard Intel X1300, Intel GMA 950, SIS, dan Unichrome. Perlu diingat bahwa semakin tinggi kelas VGA dan semakin berat penggunaanya akan mengakibatkan panas berlebih pada VGA, sehingga VGA yang memiliki kelas tinggi harus memiliki kipas pendingin yang ‘mumpuni’.

(more…)

Kekuatan Server Raksasa Facebook

on Mar15 2010

Facebook merupakan layanan jejaring sosial yang sangat fenomenal. Hal ini disebabkan karena hampir tiap pengguna layanan internet menyempatkan diri untuk membuka atau melihat account facebooknya. Karena situs facebook sendiri tergolong ringan untuk dijalankan di komputer dan memiliki update tiap detiknya membuat masyarakat pengguna layanan ini semakin dimanjakan. (more…)

Pemrosesan komputer ACER4710

on Mar10 2010

Pemrosesan komputer

  1. Pendahuluan

Dikarenakan tiap-tiap komputer ataupun laptop memiliki spesifikasi hardware yang berbeda-beda maka sudah sepantasnya kita mengenal spesifikasi komputer yang kita gunakan. Karena dengan mengenal spesifikasi komputer yang kita miliki akan mempermudah dalam mengerti kegunaan dari tiap bagian hardware dan juga cara kerjanya sehingga saat terjadi kerusakan dapat mengetahui lokasi kerusakan.

  1. Spesifikasi Komputer

Untuk mendapatkan spesifikasi komputer, jika menggunakan linux dapat dilihat di folder /proc. Didalam folder ini terdapat spesifikasi hardware maupun proses kerja dari komputer yang digunakan. Untuk mempermudah melihat kegunaan dan fungsi dari tiap-tiap hardware jika terdapat GUI maka dapat digunakan ‘kinfo center’.

    1. Spesifikasi hardware

Spesifikasi dari ACER 4710 yang diteliti melalui folder proc saat OS yang digunakan Linux Slax adalah sebagai berikut:

      1. Processor

processor : 0

vendor_id : GenuineIntel

cpu family : 6

model : 14

model name : Intel(R) Core(TM) Duo CPU T2450 @ 2.00GHz

stepping : 12

cpu MHz : 1999.933

cache size : 2048 KB

physical id : 0

siblings : 2

core id : 0

cpu cores : 2

apicid : 0

initial apicid : 0

fdiv_bug : no

hlt_bug : no

f00f_bug : no

coma_bug : no

fpu : yes

fpu_exception : yes

cpuid level : 10

wp : yes

flags : fpu vme de pse tsc msr pae mce cx8 apic sep mtrr pge mca cmov pat clflush dts acpi mmx fxsr sse sse2 ss ht tm pbe nx constant_tsc arch_perfmon bts pni monitor est tm2 xtpr

bogomips : 3999.86

clflush size : 64

power management:

processor : 1

vendor_id : GenuineIntel

cpu family : 6

model : 14

model name : Intel(R) Core(TM) Duo CPU T2450 @ 2.00GHz

stepping : 12

cpu MHz : 1999.933

cache size : 2048 KB

physical id : 0

siblings : 2

core id : 1

cpu cores : 2

apicid : 1

initial apicid : 1

fdiv_bug : no

hlt_bug : no

f00f_bug : no

coma_bug : no

fpu : yes

fpu_exception : yes

cpuid level : 10

wp : yes

flags : fpu vme de pse tsc msr pae mce cx8 apic sep mtrr pge mca cmov pat clflush dts acpi mmx fxsr sse sse2 ss ht tm pbe nx constant_tsc arch_perfmon bts pni monitor est tm2 xtpr

bogomips : 3999.97

clflush size : 64

power management: (more…)

OS FreeBSD

on Mar10 2010

Sistem Operasi Unix

  1. Pendahuluan

Sistem operasi tipe Unix merupakan sistem operasi yang berbeda dengan pesaingnya yaitu windows. Hal ini dikarenakan sistem operasi Unix ini tidak memiliki sistem registry seperti windows. Dan yang lebih menguntungkan adalah bahwa sebagian besar sistem operasi UNIX bersifat open source sehingga tidak membayar biaya lisensi. Bahan yang akan dibahas adalah FreeBSD, hal ini dikarenakan salah satu OS Unix ini sangat bagus jika digunakan untuk server. Untuk lebih lanjutnya akan dibahas dibawah.

  1. FreeBSD

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32), DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98.

Sistem Operasi ini memiliki sedikit perbedaan dengan OS Slacware yang pernah diujicoba. Perintah-perintah didalamnya memiliki perbedaan, seperti jika pada slackware terdapat perintah ‘nano’ yang digunakan untuk mengedit tulisan dalam konsole, maka pada freeBSD diganti menjadi perintah ‘ee’ atau ‘edit’. Proses penginstalannya pun berbeda daripada slackware. Pada freeBSD program apa saja yang diinstall harus dipilih satu persatu. Namun layanan perintah ’sysinstall’ pada konsole mempermudah pengguna jika terdapat kekurangan dalam penginstalan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa untuk menginstall gui yang akan dipilih, gnome atau kde. Tidak disarankan untuk memilih keduanya, karena kadang akan menimbulkan kerusakan. Dan jangan lupa untuk menginstall semua isi dari X-11 yang ada dalam proses instalasi, X-11 yang belum terinstall akan mengakibatkan pengguna tidak dapat mengetikkan startx pada konsole awal. Setelah semuanya telah terinstall dan telah melakukan reboot, maka pengguna akan disuguhkan dengan layar hitam berisi tulisan-tulisan.Setelah itu perlu dibuat file xsession dan xinitrc yang membuat pengguna dapat masuk GUI secara otomatis.

    1. Latar Belakang dan Sejarah

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi mirip Unix yang (berlisensi) bebas. Pada tahun 1993 ketika pengembangan 386BSD dihentikan,lahirlah dua proyek baru : Net BSD, yang dikenal dapat dijalankan pada banyak jenis arsitektur,dan FreeBSD yang mendukung platform x86,amd64, sparc64 dan alpha. FreeBSD 6.0 dikenal dengan stabilitas, performa dan keamanannya, sehingga digunakan oleh banyak perusahaan oleh seluruh dunia.

NetBSD mirip dengan FreeBSD dalam berbagai macam aspek. Kedua project ini saling berbagi source code dan developer. tujuan utama NetBSD adalah membuat OS yang dapat di-porting ke berbagai platform hardware. Sebagai contoh, NetBSD dapat berjalan di VAXes, PocketPC, Alpha server, juga Compaq iPaq. Bahkan dapat berjalan pada hardware yang belum ada (belum diluncurkan). Source code NetBSD diberikan secara bebas, sama seperti pendahulunya, FreeBSD.

OpenBSD adalah cabang dari NetBSD sejak tahun 1996, tujuan utama adalah membuat OS BSD yang paling aman. OpenBSD adalah BSD yang pertama kali men-support hardware − accelerated cryptography (membolehkan untuk men-encrypt dan decrypt informasi pada waktu yang singkat), para developernya sangat bangga karena faktanya, default instalasi OpenBSD tidak dapat di-hack selama 4 tahun.

BSD/OS diproduksi oleh Wind River Systems, ia adalah sebuah OS komersial & closed−source yang menyerupai FreeBSD. Beberapa manufaktur hardware tidak merelease spesifikasi hardware tanpa nondisclosure agreements, sehingga developer tidak dapat membuat device driver karena proprietary hardware. BSD/OS mendukung hardware jenis ini. Bagian-bagian penting BSD/OS tersedia untuk FreeBSD committers, dan FreeBSD menyerap perbaikan yang tidak merusak nondisclosure agreements. (more…)

Menu

Search

FlickR

flickrRSS probably needs to be setup