OS FreeBSD

on Mar10 2010

Sistem Operasi Unix

  1. Pendahuluan

Sistem operasi tipe Unix merupakan sistem operasi yang berbeda dengan pesaingnya yaitu windows. Hal ini dikarenakan sistem operasi Unix ini tidak memiliki sistem registry seperti windows. Dan yang lebih menguntungkan adalah bahwa sebagian besar sistem operasi UNIX bersifat open source sehingga tidak membayar biaya lisensi. Bahan yang akan dibahas adalah FreeBSD, hal ini dikarenakan salah satu OS Unix ini sangat bagus jika digunakan untuk server. Untuk lebih lanjutnya akan dibahas dibawah.

  1. FreeBSD

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32), DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98.

Sistem Operasi ini memiliki sedikit perbedaan dengan OS Slacware yang pernah diujicoba. Perintah-perintah didalamnya memiliki perbedaan, seperti jika pada slackware terdapat perintah ‘nano’ yang digunakan untuk mengedit tulisan dalam konsole, maka pada freeBSD diganti menjadi perintah ‘ee’ atau ‘edit’. Proses penginstalannya pun berbeda daripada slackware. Pada freeBSD program apa saja yang diinstall harus dipilih satu persatu. Namun layanan perintah ’sysinstall’ pada konsole mempermudah pengguna jika terdapat kekurangan dalam penginstalan. Yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa untuk menginstall gui yang akan dipilih, gnome atau kde. Tidak disarankan untuk memilih keduanya, karena kadang akan menimbulkan kerusakan. Dan jangan lupa untuk menginstall semua isi dari X-11 yang ada dalam proses instalasi, X-11 yang belum terinstall akan mengakibatkan pengguna tidak dapat mengetikkan startx pada konsole awal. Setelah semuanya telah terinstall dan telah melakukan reboot, maka pengguna akan disuguhkan dengan layar hitam berisi tulisan-tulisan.Setelah itu perlu dibuat file xsession dan xinitrc yang membuat pengguna dapat masuk GUI secara otomatis.

    1. Latar Belakang dan Sejarah

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi mirip Unix yang (berlisensi) bebas. Pada tahun 1993 ketika pengembangan 386BSD dihentikan,lahirlah dua proyek baru : Net BSD, yang dikenal dapat dijalankan pada banyak jenis arsitektur,dan FreeBSD yang mendukung platform x86,amd64, sparc64 dan alpha. FreeBSD 6.0 dikenal dengan stabilitas, performa dan keamanannya, sehingga digunakan oleh banyak perusahaan oleh seluruh dunia.

NetBSD mirip dengan FreeBSD dalam berbagai macam aspek. Kedua project ini saling berbagi source code dan developer. tujuan utama NetBSD adalah membuat OS yang dapat di-porting ke berbagai platform hardware. Sebagai contoh, NetBSD dapat berjalan di VAXes, PocketPC, Alpha server, juga Compaq iPaq. Bahkan dapat berjalan pada hardware yang belum ada (belum diluncurkan). Source code NetBSD diberikan secara bebas, sama seperti pendahulunya, FreeBSD.

OpenBSD adalah cabang dari NetBSD sejak tahun 1996, tujuan utama adalah membuat OS BSD yang paling aman. OpenBSD adalah BSD yang pertama kali men-support hardware − accelerated cryptography (membolehkan untuk men-encrypt dan decrypt informasi pada waktu yang singkat), para developernya sangat bangga karena faktanya, default instalasi OpenBSD tidak dapat di-hack selama 4 tahun.

BSD/OS diproduksi oleh Wind River Systems, ia adalah sebuah OS komersial & closed−source yang menyerupai FreeBSD. Beberapa manufaktur hardware tidak merelease spesifikasi hardware tanpa nondisclosure agreements, sehingga developer tidak dapat membuat device driver karena proprietary hardware. BSD/OS mendukung hardware jenis ini. Bagian-bagian penting BSD/OS tersedia untuk FreeBSD committers, dan FreeBSD menyerap perbaikan yang tidak merusak nondisclosure agreements.

    1. Komparasi dengan OS lain

Saat dibandingkan dengan OS lain semisal windows 2000, maka freeBSD memiliki kelemahan maupun kelebihan. Kelemahan, FreeBSD memiliki kesulitan dengan pengidentifikasian driver, sedangkan win2000 telah memiliki kerjasama dengan hampir semua vendor sehingga driver tidak lagi mengalami kesulitan.Selanjutnya adalah tersedianya program komersial, karena OS ini sendiri adalah gratis maka tidak ada pula aplikasi komersial yang tersedia didalamnya, sehingea pengguna hanya dapat menggunakan aplikasi yang bersifat gratis juga.

Kelebihan yang dimiliki antara lain yaitu jika pada win2000 terdapat eror maka akan muncul blue screen yang menghalangi pengguna untuk mengakses lebih jauh serta tidak menunjukkan letak kerusakannya, sedangkan pada freeBSD jika terdapat kesalahan atau error maka akan muncul box tulisan yang menyatakan sebab dari eror tersebut. Kelebihan lainnya yaitu pengguna dapat mengeksplor lebih jauh bagaimana komputernya bekerja secara riil. Dan yang kelebihan yang utama dari freeBSD adalah OS ini gratis sehingga aplikasi didalamnya pun gratis yang berarti menghentikan pengguna dari pembajakan atau pembelian lisensi yang cukup mahal.

    1. Bagan Sejarah OS Unix

  1. Referensi

www.wikipedia.org

www.freebsd.org

www.google.com

This entry was posted on Wednesday, March 10th, 2010 at 3:16 pm and is filed under Uncategorized. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.


Related Posts

  • No related posts found.

6 excellent Responses

  1. 1 helawan iki Says:

     

    on Mar10 10

    Wah, freeBSD. Ngeeriii..
    Opo kui kang?
    Pokoke apik lah.. Maju terus..

  2. 2 warungMan Says:

     

    on Mar10 10

    Blog nya bagus, isinya mantap dan padat. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya. numpang di page one.

  3. 3 wisnu Says:

     

    on Mar10 10

    pertamax meneh

  4. 4 virea Says:

     

    on Mar11 10

    hmmmmmmm sejarah yang panjang,
    tapi bagus kuk, bermanfaat,

  5. 5 catom Says:

     

    on Mar12 10

    nongkrong di warung dulu ah….
    aa’ es teh satu aa’

  6. 6 AvaLoN Says:

     

    on Mar17 10

    Haha….Terima kasih saudara-saudari…
    OS freeBSD lumayan keren bagi yang berminat menginstall….

Add your wisdom

:D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

Menu

Search

FlickR

flickrRSS probably needs to be setup