Perburuan Komputer

on Mar23 2010

Setiap komputer yang akan dibeli memiliki spesifikasi dimana spesifikasi tersebut menentukan kemampuan dari komputer itu sendiri. Oleh karena itu langkah pertama yang perlu dilakukan jika ingin membeli seperangkat komputer adalah mencermati untuk kebutuhan apa komputer itu dan kemungkinan naiknya kebutuhan minimal untuk 5 tahun kedepan. Dengan memikirkan berbagai kemungkinan seperti adanya sistem operasi baru yang membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih bagus, oleh karena itu dari kebutuhan dasar yang diperlukan perlu dinaikkan satu tingkat agar komputer yang dibeli dapat tidak ketinggalan jaman dalam kurun waktu beberapa tahun.

Selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah ketahanan dari komputer tersebut. Tentu pembeli tidak ingin komputer yang telah dibeli hanya dalam kurun waktu 1-3 tahun sudah mengalami kerusakan. Untuk itu harus dipilih hardware yang memiliki merk cukup terkenal dengan mempertimbangkan ‘review’ yang beredar di dunia maya.
Terdapat 2 Merk yang terkenal untuk prosesor yaitu Intel dan AMD. Intel memiliki kelebihan pada kestabilannya dalam pemrosesan. Sedangkan AMD memiliki kelebihan pada kecepatannya yang jauh lebih cepat dan relatif lebih murah. Sedangkan untuk Grafisnya terdapat 4 tingkatan atau 4 kelas. Tingkat pertama atau tingkat yang paling bagus dengan kelebihan mampu menjalankan secara lancar semua multimedia yang beredar dipasaran saat ini, salah satu contohnya adalah nVidia GeForce 9800 GTS, ATI Radeon HD 3870 dan VGA yang ada diatasnya. Kelas 2 yang mampu menjalankan semua aktifitas multimedia namun resolusinya harus diturunkan, contohnya adalah GeForce 8600 GT. Kelas 3 merupakan komponen Onboard yang memiliki kemampuan yang cukup lancar namun jangan terlalu banyak berharap. Salah satunya adalah Intel GMA 4500MHD. Yang terakhir yaitu kelas 4 merupakan level yang mewakili versi yang lebih lama yaitu Onboard Intel X1300, Intel GMA 950, SIS, dan Unichrome. Perlu diingat bahwa semakin tinggi kelas VGA dan semakin berat penggunaanya akan mengakibatkan panas berlebih pada VGA, sehingga VGA yang memiliki kelas tinggi harus memiliki kipas pendingin yang ‘mumpuni’.


Kebutuhan yang perlu dipelajari berikutnya adalah hardisk dan memori. Harddisk yang besar memerlukan RAM yang besar pula. Jika Harddisk yang terlalu besar sedangkan RAM nya terlewat kecil akan menyebabkan pengaksesannya menjadi lambat. Namun jika RAM yang terlalu besar sedangkan HD nya terlalu kecil akan menyulitkan pengguna saat menyimpan data karena data pada tahun-tahun ini semakin banyak dan semakin besar ukurannya. Oleh karena itu jika pengguna akan membeli komputer dengan dana terbatas maka perlu dipertimbangkan untuk membeli Harddisk dengan ukuran minimal 160 Gb hingga 320 Gb, sedangkan RAM nya cukup 1 Gb untuk sementara. Jika terasa lambat maka Harddisk jangan diisi terlalu penuh, cukup diisi maksimal 75% saja. Dipilih Harddisk yang besar saja karena pertimbangan RAM dapat diupgrade dengan mudah tanpa menjual atau menukar RAM yang lama, cukup ditambah pada Slot yang kosong. Sedangkan jika Harddisk akan mengalami kesulitan dalam pengupgradean yaitu harus menjual yang lama, jika ingin dipasang kedua-duanya akan membutuhkan Power Suplly yang memiliki daya lebih.
Spesifikasi Komputer High End

Spesifikasi komputer ini diperuntukkan untuk para pekerja yang membutuhkan pemrosesan gambar yang tinggi dan kecepatan akses yang cepat. Komputer ini juga dapat digunakan oleh para ‘Gamers’ atau para penyuka game.
Processor:Intel Core Quad, AMD Phenom X4 atau yang berada diatasnya.
MainBoard: Gigabyte GA EP43-UD3L atau yang berada diatasnya.
VGA: GF GTX 295 1792Mb GDDR3 896-bit.
DDR3 4Gb Memory
Harddisk 500Gb
Case Atx Simbada.
ComboDrive LG
LCD 17′ Philips
Speaker Simbadda
Power Supply Venom Rx 700W
Dengan Spesifikasi seperti yang ada diatas diperlukan dana minimal 9-Juta. Dengan Harga yang sangat mahal tersebut dapat dipastikan untuk beberapa tahun kedepan pengguna tidak akan ketinggalan Game-game atau software Grafis terbaru.
Spesifikasi Komputer Mid-End

Spesifikasi komputer di kelas ini dapat mengoprasikan berbagai multimedia namun jarang dapat digunakan oleh para Gamer karena sudah banyak game yang tidak dapat dimainkan.
Processor:Intel DualCore, AMD Turion X2.
MainBoard: Gigabyte GA G31M-ES2C
VGA: GF 8400GT 512Mb DDR2 256-bit.
DDR2 1Gb Memory
Harddisk 320Gb
Case Atx Simbada.
ComboDrive LG
LCD 17′ Philips
Speaker Simbadda
Power Supply 480W
Dengan Spesifikasi seperti yang ada diatas akan membutuhkan dana sekitar 3-4 Juta. Dari Segi kualitas tentu komputer ini sudah cukup kuat untuk digunakan sebagai pengolahan gambar yang menengah maupun pengolahan data seperti MATLAB tanpa menurunkan resolusi.
Spesifikasi Komputer Low-End

Spesifikasi Komputer Low-End biasanya digunakan pengguna untuk mengerjakan prosesing kata dengan sedikit prosesing gambar. Atau biasa digunakan di berbagai warnet yang dimana komputer tersebut harus kuat dinyalakan selama berpuluh-puluh jam. Dengan pertimbangan tersebut maka digunakanlah VGA Onboard.
Processor:Intel Pentium 4 Celeron
MainBoard: Biostar PM980
VGA: PCIE 256 Mb
DDR2 512Mb Memory
Harddisk 160 Gb
Case Atx Simbada.
CDROM LG 52x
LCD 15′ Philips
Power Supply 450W
Spesifikasi diatas untuk komputer hanya membutuhkan dana sekitar kurang dari 2 Juta. Untuk LCD dapat diganti dengan monitor namun harganya juga sekitar kurang dari 1 Juta

This entry was posted on Tuesday, March 23rd, 2010 at 1:25 pm and is filed under Sistem Operasi. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.


Related Posts

  • No related posts found.

13 excellent Responses

  1. 1 samz Says:

     

    on Mar23 10

    Lek,
    nek sing diposting ki aja trlalu formal, ha3
    ketok wagu lo

  2. 2 AvaLoN Says:

     

    on Mar24 10

    Siap bos…
    Belum ada waktu buat ngedit..

  3. 3 yuli Says:

     

    on Apr18 10

    analisis kebutuhan yang menarik..
    semoga bermanfaat temand…

  4. 4 AvaLoN Says:

     

    on Apr23 10

    Thx…

  5. 5 Alesia Arant Says:

     

    on Oct20 10

    One of the biggest problems my group has isn’t convincing folks that they have a problem. It’s convincing them to address the biggest one first and then deal with the other stuff. Nobody seems to want to do that. Everyone wants a reason or an excuse. They want to worry about the big bruise on their arm when there leg is cut off and they are bleeding out.

  6. 6 Chin Zarillo Says:

     

    on Oct27 10

    You can definitely see your enthusiasm in the work you write. The world hopes for more passionate writers like you who aren?¯t afraid to say how they believe. Always go after your heart.

  7. 7 Kasha Dowhower Says:

     

    on Oct29 10

    You built some beneficial details there. I did a look for within the matter and observed most folks will consent with your webpage.

  8. 8 Darryl Muney Says:

     

    on Oct31 10

    You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something which I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I am looking forward for your next post, I will try to get the hang of it!

  9. 9 Floyd Engelson Says:

     

    on Nov11 10

    i know i’m a little off topic, but i just wanted to say i love the layout of your blog. i’m new to the blogegine platform, so any suggestions on getting my blog looking nice would be appreciated.

  10. 10 Robbi Muto Says:

     

    on Nov12 10

    Simply want to say your article is as tonishing. The clearness in your post is simply spectacular and i can assume you are an expert on this subject. Well with your permission allow me to grab your rss feed to keep up to date with forthcoming post. Thanks a million and please keep up the gratifying work.

  11. 11 Dale Dutkiewicz Says:

     

    on Nov14 10

    I always like to have a read about such things, my blog is related if you want to have a look round it please feel free. I have added yours to my bookmarks.

  12. 12 Norberto Pumper Says:

     

    on Nov17 10

    Resources like the one you mentioned here will be very useful to me! I will post a link to this page on my blog. I am sure my visitors will find that very useful.

  13. 13 Alverta Shiliata Says:

     

    on Nov26 10

    Love your site man keep up the good work

Add your wisdom

:D :-) :( :o 8O :? 8) :lol: :x :P :oops: :cry: :evil: :twisted: :roll: :wink: :!: :?: :idea: :arrow: :| :mrgreen:

Menu

Search

FlickR

flickrRSS probably needs to be setup